Selasa, 07 Juli 2015

Cara Membentuk Otot Dada Pria di Rumah Tanpa Alat

Cara Membentuk Otot Dada Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk membentuk otot dada pria di rumah tanpa alat. Sayangnya cara tersebut tidak banyak diketahui, sehingga banyak pria memilih untuk berkunjung ke gym. Bagi sebagian orang membentuk otot dada mungkin bukanlah sesuatu hal yang penting, namun tidak sedikit orang yang melakukannya. Banyak orang beranggapan bentuk otot dada dapat menambah kemacoan seseorang, selain itu sepertinya banyak juga wanita yang menyukai seorang pria dengan dada yang berotot.

Untuk membentuk otot dada tentu diperlukan latihan yang rutin. Sebenarnya tidak cukup dengan latihan saja, untuk mendapatkan hasil yang maksimal diperlukan pula mengkonsumsi makanan yang mangandung kalori dan protein tinggi. Kandungan kalori sendiri mempunyai peran sebagai bahan bakar saat anda melakukan latihan, sedangkan protein pada makanan sangat berperan penting dalam membentuk otot dada.

Cara Membentuk Otot Dada

Cara Membentuk Otot Dada


Jika anda bertanya apakah ada cara membentuk otot dada di rumah tanpa menggunakan alat-alat khusus seperti di gym? Jawabanya tentu ada, bodyweight training merupakan latihan yang dapat anda lakukan. Bodyweight training sendiri adalah latihan yang memanfaatkan tubuh kita sendiri sebagai beban latihan tersebut. Sudah banyak orang yang membuktikan cara ini cukup efektif dalam membentuk otot dada apabila dilakukan secara rutin. Jika anda penasaran apa saja latihan tersebut, berikut ini ulasan selengkapnya.

1. Chair dips | 3 Set 10-12 Repetisi

Chair dips tidak hanya mampu membentuk otot dada anda, namun juga dapat membentuk trisep serta bahu. Ketika anda melakukan chair dips maka ketiga otot tersebut akan terlatih sehingga lebih membentuk. Cara melakukan chair dips yaitu pertama-tama dengan memposisikan tangan anda di kursi dengan jarak selebar bahu anda, kemudian angkat badan anda dengan mengkontraksikan otot dada, trisep dan bahu secara bersama sama. Tekuk lutut anda ke arah belakang kemudian turunkan tubuh anda secara perlahan-lahan namun posisi punggung tetap dalam kondisi lurus, setelah itu kembali ke posisi semula dan ulangi.

2. Rotation pushup | 3 Set 10-12 Repetisi

Cara selanjutnya yakni dengan rotation pushup cukup mudah, selain itu rotation pushup juga dapat membantu anda meningkatkan keseimbangan serta meningkatkan koordinasi. Cara melakukannya pertama-tama, posisikan tubuh seperti push up, kemudian buka tangan kanan sampai tubuh miring ke arah kanan, kembali posisi semula dan bergantian dengan tangan sebelah kiri.

3. Pull up | 3 Set 8-10 Repetisi

Pull up dilakukan dengan bantuan palang pullup, selain melatih otot dada pullup juga dapat membentuk otot punggung. Cara melakukannya pertama-tama genggam palang pullup selebar bahu, kemudian pastikan bahwa tubuh anda menggantung lurus pada palang pullup. Naikan tubuh anda, sampai dada anda sejajar dengan palang, kemudian tahan sebentar dan turunkan, lakukan berulang ulang.

4. Plyometric push up | 3 Set 8-10 Repetisi

Gerakan ini hampir mirip dengan push up, selain dapat membentuk otot dada latihan ini juga dapat melatih otot trisep secara bersama-sama. Cara melakukannya sangat mudah, pertama-tama ambil posisi tubuh seperti push up. Setelah itu tekan tubuh ke bawah kemudian dorong ke atas sambil mengangkat kedua tangan anda dan posisikan tangan kembali seperti semula. Lakukan hal tersebut berulang-ulang.
Pola makan yang tepat untuk membentuk otot dada

1. Konsumsi makanan berprotein
Perlu disadari bahwa protein merupakan point penting saat anda ingin membentuk otot dada. Usahakan untuk mengkonsumsi protein 1-1,5 gram per kg berat badan anda setiap harinya. Beberapa makanan yang mengandung protein tinggi diantaranya yakni dada ayam, telur, kacang-kacangan, ikan, serta sayuran.

2. Kurangi kalori
Kalori memang cukup penting karena sebagai bahan bakar saat anda latihan. Namun pastikan anda tidak mengkonsumsi kalori terlalu banyak karena justru dapat menambah berat badan. Beberapa makanan seperti gorengan, makanan cepat saji, dan makanan ringan dapat menjadi pilihan tepat karena mengandung kalori yang cukup, tapi ingat porsinya jangan terlalu besar, secukupnya saja.

3. Suplemen
Saat ini banyak sekali suplemen yang dapat membantu proses pembentukan otot dada anda. Produk suplemen ini bisa menjadi pilihan alternatif guna memaksimalkan usaha anda dalam membentuk otot dada. Namun pastikan anda memilih suplemen yang benar-benar aman dan mempunyai ijin dari BPOM RI.

Pastikan selain menerapkan beberapa cara membentuk otot dada diatas anda juga mengkonsumsi makanan penunjangnya. Selain itu lakukan pula cara diatas secara rutin karena tidak sedikit orang yang gagal karena tidak menerapkannya secara rutin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar